Pengorganisasian
adalah pembagian kerja yang direncanakan untuk diselesaikan oleh anggota
kesatuan pekerjaan, penetapan hubungan antarpekerjaan yang efektif di antara
mereka dan pemberian lingkungan dan fasilitas pekerjaan yang wajar sehingga
mereka bekerja secara efisien. Pengorganisasian juga dapat didefinisikan
sebagai suatun pekerjaan membagi tugas, mendelegasikan otoritas dan menetapkan
aktivitas yang hendak dilakukan oleh manajer pada seluruh hierarki organisasi.
pengorganisasian
adalah sesuatu hal yang penting dalam manajemen, organisasi sendiri dapat didefinisikan sebagai sekelompok orang yang
saling berinteraksi dan bekerja sama untuk merealisasikan tujuan bersama.
Berdasarkan definisi tadi jelaslah bahwa dalam suatu organisasi minimum
mengandung tiga elemen yang saling berhubungan.
A.
Empat ciri utama dari individu yang memenuhi
efektivitas organisasi :
1) Persepsi
yaitu proses pemberian arti terhadap lingkungan oleh individu.
2) Sikap
yaitu kesiapsiagaan mental yang diorganisasikan melalui pengalaman yang memiliki
pengaruh tertentu kepada tanggapan seseorang terhadap orang, objek, dan situasi
yang berhubungan dengannya.
3) Kepribadian
yaitu serangkaian siri yang relative mantapkecenderungan dan perangai yang
sebagian besar dibentuk oleh factor keturunan dan oleh factor-faktor sosial,
kebudayaan, dan lingkungan.
4) Belajar
yaitu proses terjadinya perubahan yang relative tetap dalam perilaku sebagai
akibat dari praktik.
B.
Struktur organisasi adalah susunan dan hubungan
anta bagian, komponen dan posisi dalam suatu perkumpulan. Struktur organisasi
bertalian diantara pekerjaan dalam hubungan yang relatif pasti dan terdapat
diantara pekerjaan dalam organisasi. Hubungan yang pasti tersebut timbul dari
proses keputusan yaitu :
1)
Pembagian kerja
2)
Departementalisasi
3)
Rental kendali
4)
Delegasi
C.
Prinsip organisasi yang dijadikan pedoman
sehingga organisasi menjadi tumbuh dan berkembang adalah :
1) organisasi
dan tujuan,
2) esensi
organisasi,
3) tanggung
jawab dan otoritas,
4) spesialisasi
untuk efisiensi, dan rentang kendali
5) rentang
kendali
D.
Tujuan utama adanya aspek pembagian kerja dan
departementalisasi dalam struktur organisasi adalah untuk memudahkan
komunikasi, pengambilan keputusan, evaluasi kerja, imbalasan, sosialias dan
karier. Kelima aktivitas tersebut merupakan proses organisasi
E.
Pengembangan organisasi adalah upaya jangka
panjang yang didukung manajemen puncak untuk memperbaiki proses pemecahan
permasalahan dan proses pembaruan organisasi, khususnya melalui diagnosis dan
manajemen budaya organisasi yang lebih efektif dan kolaboratif dengan tekanan
khusus pada tim kerja informal, tim sementara dan budaya antara kelompok dengan
bantuan konsultan yang bertindak sebagai katalisator, penggunaan teori,
teknologi psikologi terapan dan penelitian tindakan.