Sabtu, 08 Februari 2014

Manajemen Mutu



Manajemen mutu terpadu (total quality management) adalah suatu pendekatan dalam menjalankan usaha yang mencoba untuk memaksimalkan daya saing organisasi melalui perbaikan terus-menerus atas produk, jasa, proses dan lingkungannya.
A.      Prinsip utama manajemen mutu terpadu adalah :
a.       Kepuasan pelanggan
b.      Menaruh rasa hormat terhadap semua orang
c.       Manajemen berdasarkan fakta
d.      Perbaikan berkesinambungan
B.      Gagasan JIT (Just-In Time) didasarkan pada prinsip berproduksihanya apabila ada permintaan atau produksi sesuatu yang diminta pada saat diminta dan hanya sebesar jumlah ang diminta
C.      Sasaran implementasi JIT antara lain :
a.       Persediaan
b.      Waktu siklus
c.       Perbaikan yang berkesinambungan
d.      Penghapusan pemborosan
D.      ISO (International Organization of Standardization) 9000bertujuan sebagai berikut :
a.       Organisasi dapat mencapai dan mempertahankan mutu produk atau jasa yang dihasilkan sehingga secara berkesinambungan dapat memenuhi kebutuhan para pembeli.
b.      Organisasi dapat memberikan keyakinan kepada pihak manajemen bahwa mutu yang dimaksudkan telah dicapai dan dapat dipertahankan.
c.       Organisasi dapat memberikan keyakinan kepada pihak pembeli bahwa mutu yang dimaksudkan telah atau akan dicapai dalam produk atau jasa yang dijual.
E.       ISO 14000 adalah standar pengelolaan lingkungan yang dikeluarkan oleh International Organization of Standardization. Secara umum manfaat sertifikasi ISO 14000 antara lain :
a.       Perlindungan terhadap lingkungan
b.      Dasar persamaan kompetitif
c.       Menunjukkan kesesuaian dengan peraturan
d.      Pembentukan pengelolaan sistem yang efektif
e.      Penurunan biaya
f.        Penurunan kecelakaan kerja
g.       Peningkatan hubungan masyarakat
h.      Peningkatan kepercayaan dan kepuasan konsumen
i.         Peningkatan perhatian manajemen puncak