Sabtu, 08 Februari 2014

Konsep Dasar Manajemen



                Manajemen adalah seni dan ilmu dalam perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, pemotivasian dan pengendalian terhadap orang dan mekansime kerja untuk mencapai tujuan.
A.      Elemen sifat
1)      Manajemen sebagai suatu seni
Yaitu sebagai suatu keahlian, kemahiran, kemampuan dan keterampilan dalam aplikasi ilmu pengetahuan untuk mencapai tujuan
2)      Manajemen sebagai suatu ilmu
Yaitu akumulasi pengetahuan yang telah disistematikan dan diorganisasikan untuk mencapai kebenaran umum (general Purposes)
B.      Elemen fungsi
1)      Perencanaan
Yaitu proses dan rangkaian kegiatan untuk menetapkan tujuan terlebih dahulu pada jangka waktu/periode tertentu serta langkah-langkah yang harus ditempuh untuk mencapai tujyan tersebut
2)      Pengorgansiasian
Yaitu suatu proses dan rangkaian kegiatan dalam pembagian kerja yang direncanakan untuk diselesaikan oleh anggota kelompok pekerjaan, penentuan hubungan pekerjaan yang baik diantara mereka serta pemberian lingkungan dan fasilitas pekerjaan yang kondusif
3)      Pengarahan
Yaitu serangkaian kegiatan untuk memberi petunjuk atau intruksi dari seorang atasan kepada bawahan atau kepada orang yang diorganisasikan dalam kelompok formal dan untuk mencapai tujuan bersama
4)      Pemotivasian
Yaitu suatu proses dan rangkaian kegiatan yang dilakukan oleh seorang atasan dalam memberikan inspirasi, semangat dan kegairahan kerja serta dorongan kepada bawahan untuk dapat melakukan suatu kegiatan yang semestinya
5)      Pengendalian
Yaitu proses dan rangkaian kegiatan untuk mengusahakan agar suatu pekerjaan dapat dilaksanakan sesuai dengan rencana yang telah ditetapkan dan tahapan yang harus dilalui. Dengan demikian, apabila ada kegiatan yang tidak sesuai dengan rencana dan tahapan tersebut, diadakan suatu tindakan perbaikan (corrective actions)
C.      Elemen sasaran
1)      Orang (manusia)
Yaitu mereka yang telah memenuhi syarat tertentu dan telah menjadi unsur integral dari organisasi atau badan tempat ia bekerja sama untuk mencapai tujuan
2)      Mekanisme kerja
Yaitu tata cara tahapan yang harus dilalui orang yang mengadakan kegiatan bersama untuk mencapai tujuan
D.      Elemen tujuan
Yaitu hasil akhir yang ingin dicapai atas suatu pelaksanaan kegiatan. Dalam arti luas, tujuan mengandung hal yang objective, purpose, mission, deadline, standard, target dan quota. Tujuan merupakan rangkaian dalam proses perencanaan dan juga merupakan elemen penting dalam proses pengendalian
E.       Filsafat manajemen adalah bagian yang terpenting dari pengetahuan dan kepercayaan dasar yang luas untuk menetapkan pemecahan permasalahan manajerial. Oleh karena itu, dalam filsafat manajemen terkandung suatu dasar pandangan hidup yang mencerminkan keberadaan, identitas dan implikasinya guna mewujudkan efisiensi dan efektivitas dalam pekerjaan manajemen
F.       Tujuan manajemen adalah sesuatu yang ingin direalisasikan, yang menggambarkan cakupan tertentu dan menyarankan pengarahan kepada usaha seorang manajer. Tujuan manajer dalam suatu organisasi dapat diklasifikasikan menurut hierarki tertentu. Hierarki tujuan yang dimaksud adalah :
1)      Tujuan pokok
2)      Tujuan bagian
3)      Tujuan kelompok
4)      Tujuan kesatuan dan
5)      Tujuan individu
G.     Manajer adalah seseorang yang bertindak sebagai perencana, pegorganisasi, pengarah, pemotivasi serta pengendali orang dan mekanisme kerja untuk mencapai tujuan. Sedangkan kepemimpinan (leadership) adalah sikap dan perilaku memengaruhi para bawahan agar mereka mampu bekerja sama sehingga dapat bekerja lebih efisien dan efektif. Secara singkat kepemimpinan adalah sifat yang harus dimiliki oleh perencana, pemotivasi dan pengendali untuk memengaruhi orang lain dan mekanisme kerja guna mencapai tujuan.