Pasar adalah suatu mekanisme yang mempertemukan pembeli
(konsumen) dengan penjual (produsen) sehingga keduanya dapat berinteraksi untuk
membentuk suatu kesepakatan harga.
a. Pasar Barang
1. Pasar Persaingan Sempurna (Perfect
Competition)
Pasar persaingan
sempurna adalah suatu bentuk interaksi antara permintaan dan penawaran yang
ditandai oleh jumlah produsen dan konsumen sangat banyak dan hampir tidak
terbatas.
Ciri-ciri pokok pasar persaingan
sempurna adalah sebagai berikut :
a)
Terdapat banyak sekali
penjual (perusahaan) dan pembeli
b)
Produk-produk homogen
(persis sama)
c)
Bebas keluar masuk pasar
d)
Penjual dan pembeli
mengetahui kondisi pasar secara sempurna
e)
Faktor-faktor produksi
bergerak bebas
f)
Tidak ada campur tangan
pemerintah
2.
Pasar Persaingan Tidak Sempurna
Pasar persaingan tidak sempurna
adalah pasar yang jumlah penjual dan pembeli tidak sebanding atau tidak
seimbang. Kemungkinan yang terjadi adalah pasar dikuasai oleh satu penjual atau
beberapa penjual, sedangkan pembelinya juga satu atau beberapa pembeli yang
menguasai pasar.
Bentuk-bentuk
pasar persaingan tidak sempurna adalah sebagai berikut.
a)
Monopoli
Monopoli adalah suatu
bentuk interaksi antara permintaan dan penawaran yang ditandai oleh hanya ada
satu penjual/produsen di pasar berhadapan dengan permintaan seluruh
pembeli/konsumen.
·
Sebab-sebab tumbuhnya
monopoli adalah sebagai berikut.
a.
Adanya perlindungan
hukum, yaitu diperolehnya hak paten untuk suatu produk.
b.
Pemberian lisensi oleh
pemerintah untuk berusaha secara tunggal.
c.
Memiliki modal yang
sangat besar sehingga tidak dapat disaingi oleh perusahaan lainnya.
d.
Menguasai bahan mentah
yang cukup strategis.
e.
Produk diperoleh secara
alamiah karena sangat digemari konsumen.
f.
Pasar tidak luas hanya
ada satu penjual yang dapat melayani konsumen secara optimal.
·
Ciri-ciri pasar monopoli adalah sebagai berikut.
a.
Hanya ada satu penjual
dan banyak pembeli.
b.
Tidak ada perusahaan
yang dapat membuat barang substitusi
c.
yang sempurna.
d.
Rintangan cukup kuat
untuk masuk ke pasar monopoli, baik
e.
dari segi penguasaan sumber
daya alam, biaya produksi yang
f.
tidak efesiensi hingga
peraturan dari pemerintah.
g.
Pembeli tidak ada
pilihan lain dalam membeli barang.
h.
Keuntungan hanya
terpusat pada satu perusahaan.
b)
Pasar Oligopoli
Pasar
Oligopoli adalah suatu bentuk interaksi permintaan dengan penawaran di mana
terdapat beberapa penjual/produsen yang menguasai seluruh permintaan pasar.
· Ciri-ciri pasar oligopoli
adalah sebagai berikut.
a.
Terdapat beberapa
penjual/produsen yang menguasai pasar.
b.
Barang yang
diperjualbelikan dapat homogen dapat pula berbeda corak (differentiated
product).
c.
Terdapat halangan masuk
yang cukup kuat bagi perusahaan di luar pasar untuk masuk ke dalam pasar.
d.
Satu di antara oligopoli
merupakan market leader, yaitu penjual yang memiliki pangsa pasar yang
terbesar.
c)
Pasar Persaingan Monopolistik
Pasar persaingan
monopolistik adalah suatu bentuk interaksi antara permintaan dan penawaran yang
di dalamnya terdapat sejumlah besar penjual/produsen yang menawarkan barang
yang sama, tetapi masing-masing memiliki ciri-ciri khusus.
· Ciri-ciri pasar persaingan
monopolistik adalah sebagai berikut.
a.
Terdapat banyak
penjual/produsen di pasar.
b.
Barang yang
diperjualbelikan merupakan differentiated product.
c.
Para penjual memiliki
kekuatan monopolis atas barang produksinya sendiri. Oleh karena itu, harus
memperhitungkan persaingan dengan barang-barang lain yang sama, tetapi berbeda
corak.
d.
Untuk memenangkan
persaingan, setiap penjual/produsen aktif melakukan promosi iklan.
e.
Keluar masuk pasar
relatif mudah dibandingkan dengan pasar oligopoli.
f.
Jumlah perusahaan sangat
kecil dibandingkan dengan output total.
b. Pasar Input
Dalam pasar faktor
produksi yang bertindak sebagai penjual adalah pemilik faktor produksi atau
biasanya dalam kegiatan ekonomi disebut rumah tangga, sedangkan
pembelinya adalah perusahaan. Jadi, yang diperjualbelikan di sini adalah
input bagi perusahaan untuk melakukan produksi. Oleh karena itu, pasar faktor
produksi disebut pasar input.
·
Seperti yang telah kita
ketahui faktor produksi terdiri dari:
a.
Sumber daya alam (tanah)
Semua perusahaan membutuhkan tanah minimal untuk kedudukan
perusahaan tersebut. Sejalan dengan perkembangan dunia produksi dan jumlah
penduduk, kebutuhan tanah semakin lama semakin meningkat, sedangkan penawaran
tanah cenderung bersifat tetap. Oleh karena itu, kurva penawaran tanah akan
berbentuk garis lurus vertikal (inelastis sempurna).
b.
Tenaga Kerja
Seperti pasar lainnya, pasar tenaga kerja merupakan tempat
bertemunya permintaan dan penawaran tenaga kerja. Permintaan tenaga kerja
datang dari perusahaan yang memiliki lowongan kerja atau dari lapangan
kerja,sedangkan penawaran tenaga kerja datang dari angkatan kerja. Pasar tenaga
kerja berupa bursa tenaga kerja. Bursa tenaga kerja di Indonesia ditangani oleh
Dinas Tenaga Kerja. Orang atau lembaga yang membutuhkan tenaga kerja
menyampaikan jumlah dan kualifikasi tenaga kerja yang dibutuhkan beserta
persyaratannya kepada Dinas Tenaga Kerja. Selanjutnya, tenaga kerja
menyampaikan kepada masyarakat adanya permintaan tenaga kerja tersebut.
Sementara itu, para pencari kerja mendaftarkan diri pada Dinas Tenaga Kerja
dengan mengirimkan keterangan-keterangan tentang dirinya. Selain oleh dinas
tenaga kerja, bursa tenaga kerja juga banyak yang ditangani oleh perusahaan
swasta.
c.
Modal
Manfaat
pasar modal adalah sebagai berikut.
a)
Mempermudah pengusaha
yang kekurangan modal untuk mendapatkan modal yang sehat dan tidak mengikat.
b)
Memperlancar perluasan
produksi yang dilakukan oleh perusahaan.
c)
Membantu perusahaan atau
masyarakat yang kelebihan dana untuk memanfaatkannya dalam kegiatan yang
produktif sehingga tidak terjadi pengangguran dana (idle mone ).
d)
Membantu pemerintah
dalam menghimpun dan mengerahkan dana masyarakat untuk membiayai pembangunan
nasional.
d. Skill.